Inovasi Pelayanan Publik Menjadi Target Kinerja
Inovasi Pelayanan Publik Menjadi Target Kinerja |
MEDAN. Kompetisi Inovasi
Pelayanan Publik (KIPP) yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara
dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sejak tahun 2014 – 2018 telah berhasil menjadi
komitmen pimpinan kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah (K/L/pemda),
selain menjadikan semangat jajaran birokrasi untuk berinovasi. Hal itu dapat
dilihat dari antusiasme satuan kerja untuk mengikuti kompetisi ini, serta
berbagai instansi pemerintah yang mencantumkan inovasi sebagai target kinerja.
Demikian antara lain dikatakan
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka
Rakor Kebijakan dan Sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun
2019 se Wilayah I di Medan, Senin (18/03). Wilayah ini meliputi pemerintah
provinsi, kabupaten dan kota se Sumatera minus Lampung, Banten dan Jawa Barat.
“Hal ini menjadi contoh bagi satuan kerja instansi lain untuk menggelorakan
inovasi,” ujarnya.
Menurut Diah, setidaknya ada
lima hal yang mendorong K/L/pemda untuk mengikuti kompetisi yang paling
prestisius di tanah air ini. Pertama, KIPP sejalan dengan tema dunia dalam
memenuhi 17 goals SDGs di tahun 2030. “PBB pertama kali menyebutkan inovasi
pelayanan publik sebagai cara mendorong tercapainya 17 SDGs dalam United Nations
Public Services Forum 2017 di Den Haag. Oleh karena itu tema yang diusung
adalah Accelerating Public Service for Agenda 2030,” jelasnya. Selain itu, The
Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menjadikan
Indonesia sebagai studi kasus dari negara-negara berkembang yang dianggap sudah
maju.
Alasan kedua, Bappenas telah
menetapkan inovasi pelayanan publik, yang termasuk di dalamnya KIPP sebagai
program strategis nasional tahun 2019. Dalam Rencana Pembangunan Jangka
Menengah 2020 – 2024, inovasi pelayanan publik merupakan bagian strategis di
bidang pelayanan publik.
Hal ketiga, lanjut Diah, dalam
beberapa tahun terakhir, penyelenggaraan kompetisi serupa KIPP yang dilakukan
K/L/pemda sudah banyak bermunculan, dengan tetap diarahkan untuk KIPP yang
diselenggarakan Kementerian PANRB sebagai kompetisi paling prestisius saat ini.
Oleh karena itu, sejak tahun 2017 Kementerian Keuangan telah menetapkan hasil
KIPP sebagai salah satu kategori kinerja yang diberikan Dana Insentif Daerah
(DID) tahun berikutnya.
Kementerian PANRB juga telah
membentuk 3 hub atau Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP), yakni Jawa
Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan. Jaringan ini merupakan strategi
Kementerian PANRB dalam melakukan transfer pengetahuan. “Dalam pembinaan
inovasi, kami memprioritaskan replikasi inovasi, sehingga secara massive,
manfaat inovasi sebagai sarana percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik
lebih terasa. Kami juga menganjurkan kepada pemerintah provinsi dengan dana
mandiri untuk membentuk Hub JIPP,” imbuh Diah.
Dikatakan juga bahwa
Kementerian PANRB telah melakukan kerja sama secara internasional, baik secara
bilateral maupun mutilateral. Secara bilateral, telah bekerjasama dengan
Georgia dan Azerbaijan untuk mengembangkan pelayanan terpadu. Kementerian PANRB
telah melahirkan generasi ke-3 pelayanan terpadu yang mengintegrasikan
pelayanan pusat, daerah, dan bisnis dalam satu tempat dengan sistem dan pola
manajemen seperti layaknya mal, yang disebut Mal Pelayanan Publik.
Sedangkan secara multilateral,
Indonesia merupakan bagian dari United Nation Public Service Award (UNPSA) dan
secara rutin mengikuti konvensi tahunan Observatory Public Sector Innovation
(OPSI) yang diselenggarakan oleh OECD di Paris.
Diingatkabn, KIPP merupakan
strategi menumbuhkan inovasi, bukan sebagai tujuan. Menjadi yang terbaik tentu
membanggakan, tetapi menjadi yang terbaik tetapi tidak memberikan dampak atau
pengungkit perubahan, menjadikan kompetisi ini kehilangan jiwanya.
KIPP 2019 secara konsisten
tetap sejalan dengan dan searah dengan kebijakan reformasi birokrasi. Karena
itu, tema kompetisi tahun ini adalah Inovasi Pelayanan Publik sebagai
Perwujudan Percepatan Reformasi Birokrasi dan Pencapaian Tujuan Pembangunan
Berkelanjutan.
Artikel Sudah Pernah Tayang Pada Laman https://www.menpan.go.id
Sumber
0 Response to "Inovasi Pelayanan Publik Menjadi Target Kinerja"
Post a Comment