Meningkatkan Minat Baca Melalui Implementasi Program Pascalista Pokca pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 11 Peusangan
Studi Kasus |
Deskripsi studi
kasus
Tahun Ajaran 2023 – 2024, pada pembelajaran awal
Semester. Terdapat 3 Orang Siswa masih Belum lancar membaca. Motivasi Ketiga
Siswa tersebut dalam membaca sangat rendah. Wawancara ringan bersama siswa
menjadi titik awal kasus ini.
Berdasarkan kasus diatas, penulis mencoba mencari
solusi, dan referensi untuk meningkatkan Minat Baca Siswa. Karna Penulis
menemukan Minat Baca Siswa Kelas 4 yang sangat Rendah. Menurut Jean Piaget usia
7 sampai 11 tahun adalah Tahapan Operasional Konkret Anak mulai menunjukkan
kemampuan konservasi. Meskipun anak bisa memecahkan masalah dengan cara logis,
mereka belum bisa berpikir secara abstrak atau hipotesis.
Siswa Kelas 4 Pada UPTD SD Negeri 11 Peusangan yang rata – rata lahir pada Tahun 2014 dan sekarang berada pada Usia rata-rata 9 Tahun. Adalah sangat tepat dimana Teori perkembangan kognitif Jean Piaget menunjukkan bahwa kecerdasan berubah seiring dengan pertumbuhan anak. Perkembangan kognitif seorang anak bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun mental.
Analisis situasi
Berdasarkan kasus yang terdapat dalam studi
kasus ini, Penulis berdiskusi dengan Wali Kelas Guru Kelas Tiga pada tahun
ajaran sebelumnya, Penulis mendapatkan informasi bahwa, dimana ketiga siswa yang
kurang lancar membaca tersebut. Memang terlihat sangat kurang Minat dan tidak bersemangat
untuk membaca. Berdasarkan data Rapor Siswa Tahun 2022 dan 2023. dimana rendahnya
hasil belajar siswa tentang minat siswa dalam Membaca, Menulis dan
Bercerita.sehingga perlu diambil langkah untuk memotivasi dan menumbuhkan minat
Membaca, Menulis dan Bercerita pada murid rendahnya minat Baca siswa kelas 4
membuat Penulis Merancang Program “Pascalista
Pokca (Pagi Sabtu Membaca, Menulis dan Bercerita di Pojok Baca) Untuk
Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 4 UPTD SD Negeri 11 Peusangan“
Program Pascalista Pokca ini adalah kegiatan kokurikuler
yang merupakan kegiatan penunjang yang berfungsi untuk memperdalam pemahaman
siswa dalam membaca.
Pascalista Pokca (Pagi sabtu Membaca,Menulis dan Bercerita
di Pojok Baca) adalah program Kokurikuler sekolah. Program ini dirancang untuk
membangun dan memotivasi siswa dalam Membaca, Menulis dan bercerita disetiap
pagi sabtu. Siswa diminta merefleksikan kegiatan kesehariannya mulai dari hari
senin hingga hari jum’at.Mereka menulis membaca dan bercerita dipojok baca.
Program ini adalah kokurikuler untuk mendukung Mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Disamping itu juga siswa dilatih bercerita di depan temannya sendiri
dilingkungan kecil nya yaitu di pojok baca.Sehingga siswa mampu mewujudkan
suara,pilihan dan kepemilikan murid dalam prosesnya sehingga murid mampu
terlibat aktif dalam proses belajarnya dan pada akhirnya bisa terwujud
kepemimpinan murid.
Dalam hal ini Penulis merealisasikan Program
yang penulis Kembangkan yaitu Pascalista Pokca ( Pagi Sabtu Membaca, Menulis
dan Bercerita di Pojok Baca) Terlihat siswa seperti punya komunitas kecil di
pojok baca untuk membangun mental mereka, agar termotivasi dan bersemangat
dalam membaca, Menulis dan Bercerita.
Dalam Kegiatan ini Langkah Pertama yang Penulis lakukan
adalah Berkoordinasi dengan Kepala Sekolah tentang Program
“Pascalista Pokca (Pagi Sabtu
Membaca, Menulis dan Bercerita di Pojok Baca) dan Juga mengajak Teman
Sejawat di Sekolah untuk memberikan masukan, lalu mengajak siswa untuk turut
aktif membuat Pojok baca didalam Kelas, agar siswa merasa memiliki dan bersama-sama
menjaga Pojok baca dan Merawat buku didalam Pojok baca. Setelah Pojok baca
Siap. Langkah Kedua, kami Pinjam Meja dan Buku yang ada didalam Perpustakaan
untuk Menjadi modal awal Pojok baca.
Sabtu Pertama Menjalankan Program Pascalista Pokca (Pagi Sabtu Membaca, Menulis dan Bercerita di Pojok
Baca), Terlihat Semangat Siswa Untuk duduk dipojok baca, Bercerita, Menulis
dan Membaca. Sebagai Pemantik Penulis Mengajukan Pertanyaan, Siapa hari Ini
yang Mau Bercerita Duluan. Setelah salah satu Siswa Mengajukan diri Untuk
Bercerita. Siswa yang lain Menulis Ceritanya. Dan Seterusnya siswa yang mau membaca atau membaca ulang Cerita
Temannya tadi. langkah
nyata apa yang dilakukan dalam menghadapi tantangan merancang
pembelajaran dan melakukan
evaluasi pembelajaran ini juga penulis rasakan diawal program ini. Namun
akhirnya Siswa sangat antusias menunggu Pagi sabtu, seolah mereka ingin menjadi
yang pertama membaca menulis dan bercerita setiap paginya.
Sumber daya sarana dan Prasarana, Lingkungan Sekolah dan warga sekolah atau materi atau masukan dari teman sejawat menjadi semangat kuat penulis, yang dapat penulis gunakan untuk menjawab tantangan dalam kasus studi. Sekolah yang mempunyai berbagai Fasilitas seperti Internet, Laptop, Proyektor, Layar Infokus. Dan dukungan materi dari Kepala Sekolah, juga menjadi salah satu faktor keberhasilan Program ini.
Evaluasi
Dalam Tindak Lanjut kegiatan ini. Terlihat
perlunya Aksi nyata atau keberlajutan Program yang telah dirancang bisa terus
berlanjut setiap tahunnya. Dalam menjalankan Program Pascalista Pokca ini
Terlihat Siswa yang tadinya kurang lancar Membaca. Setelah menjalani program
ini selama 3 bulan. Sekarang memasuki bulan ke empat Program Pascalista
Pokca (Pagi Sabtu Membaca, Menulis dan Bercerita di Pojok Baca) Siswa yang
tadinya tidak lancer membaca, kini sudah mampu mengeja kata perkata dalam
membaca, dan sudah lancer membaca. Siswa sudah mampu menulis. Dan siswa sudah
berani Bercerita di lingkungan Kecil komunitas mereka di pojok baca.
Akhirnya Penerapan Program Pascalista Pokca Menjadi Solusi
Pemecahan Masalah atau Menjadi Solusi dalam Pemecahan Studi Kasus dengan
Keberhasilan dalam Program ini dan dapat “Meningkatkan
Minat Baca Melalui Implementasi Program Pascalista Pokca pada Siswa Kelas 4 SD
Negeri 11 Peusangan”.
Sebagian Vidio dapat di Tonton pada Channel
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkJ1dL5j8WvwJGevdDjRZZA
Butuh Driver Printer Yuk Download Disini https://aceh-driver.blogspot.com/
0 Response to "Meningkatkan Minat Baca Melalui Implementasi Program Pascalista Pokca pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 11 Peusangan"
Post a Comment