PROSEDUR LAPORAN STUDI KASUS GURU PPG DALAM JABATAN
A. Pengantar
Laporan
studi kasus merupakan komponen dari uji tertulis. Laporan studi kasus dirancang
untuk menilai pengetahuan, kemampuan memecahkan masalah, dan kreativitas
mahasiswa PPG
Prajabatan dalam merencanakan dan melakukan pembelajaran di kelas, melalui deskripsi, analisa dan penyelesaian masalah pada kasus-kasus yang ditemukan selama praktik pembelajaran.
B. Cakupan
Cakupan
dalam studi kasus terdiri dari pengalaman masa lalu dalam:
1. merancang pembelajaran secara terstruktur, berkesinambungan dengan pendekatan yang relevan dan memadukan materi ajar, pedagogi dan teknologi untuk menghasilkan solusi baru dengan nilai yang terukur untuk kepentingan pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik.
2. melakukan evaluasi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik, kurikulum dan lingkungan belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Laporan
studi kasus yang digunakan dalam Uji Tertulis berupa:
1. laporan yang ditulis berdasarkan kasus pilihan peserta yang ditemukan selama praktik pembelajaran
2.
berdasarkan pengalaman sendiri (bukan disalin dari milik orang lain)
3.
laporan studi kasus terdiri atas 4 bagian, dengan ketentuan sebagai berikut:
Pada
bagian ini mahasiswa menuliskan kasus yang pernah dialami dalam merancang pembelajaran
terstruktur yang berkesinambungan dengan memadukan materi, pedagogik dan
teknologi melalui pendekatan yang relevan yang menghasilkan nilai terukur untuk
kepentingan pembelajaran sesuai karakteristik siswa. Dalam kasus tersebut,
mahasiswa juga mendeskripsikan metode dan hasil evaluasi pembelajaran sesuai
dengan perkembangan peserta didik, kurikulum dan lingkungan belajar berdasarkan
rancangan yang disusunnya.
Bagian ini disusun berdasarkan pertanyaan berikut:
1)
Sebutkan topik kasus yang akan anda uraikan.
2)
Mengapa topik tersebut penting.
b. Analisis situasi (200 - 250 kata)
Pada
bagian ini mahasiswa melakukan analisis situasi yang terjadi pada saat membuat rancangan
dan evaluasi pembelajaran. Selain itu, mahasiswa perlu menjelaskan perannya
saat merancang dan melakukan evaluasi pembelajaran, pihak yang terlibat, tantangan
serta hambatan dalam kegiatan tersebut.
Bagian ini disusun berdasarkan pertanyaan berikut:
1)
Jelaskan situasi yang terjadi pada saat perancangan dan evaluasi pembelajaran
tersebut (terkait topik yang sudah
dipilih).
2)
Jelaskan peran Anda dalam merancang dan melakukan evaluasi.
3)
Siapa saja yang terlibat dalam perancangan dan evaluasi tersebut.
4)
Jelaskan tantangan dan hambatan yang anda hadapi pada saat merancang dan
melakukan evaluasi pembelajaran terkait
dengan masalah pada topik tersebut!
c. Alternatif solusi (250 - 300 kata)
Pada
bagian ini mahasiswa memberikan alternatif solusi berupa tindakan yang telah
dilakukan
dalam menghadapi kasus atau situasi tersebut.
Bagian
ini disusun berdasarkan pertanyaan berikut:
1)
langkah nyata apa yang dilakukan dalam menghadapi tantangan merancang
pembelajaran dan melakukan evaluasi
pembelajaran.
2)
sumber daya atau materi apa yang digunakan untuk menjawab tantangan tersebut.
d. Evaluasi (100 - 150 kata)
Pada
bagian ini mahasiswa diminta menuliskan hasil dan dampak dari langkah nyata
yang
telah dilakukan.
D. Ketentuan Unggah File
Berikut
adalah ketentuan dalam mengunggah file :
1.
pastikan dokumen dibuat dalam kertas berukuran A4, dengan menggunakan huruf Times
New
Roman berukuran 12 pt dan spasi 1,15;
2.
simpan dokumen dalam bentuk pdf dengan ukuran max 1 megabyte (1 Mb);
3.
dokumen pdf disimpan di drive belajar.id masing-masing mahasiswa dengan nama file:
Judul
Kasus_Nama mahasiswa_NIM; dan
4.
tautan dokumen disimpan ke laman ujian yang ditetapkan oleh PN UKPPG.
Sebagian Vidio dapat di Tonton pada Channel
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkJ1dL5j8WvwJGevdDjRZZA
Butuh Driver Printer Yuk Download Disini https://aceh-driver.blogspot.com/
0 Response to "PROSEDUR LAPORAN STUDI KASUS GURU PPG DALAM JABATAN"
Post a Comment