3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Tujuan Pembelajaran Khusus :
1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
Tugas Yang Harus Dilakukan
1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
Jawab:
Terwujudnya Siswa yang berprofil Pancasila
2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Jawab:
Mewujudkan Kelas yang nyaman dan Menyenangkan Untuk Belajar.
3. Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
Jawab:
Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan Untuk belajar agar menjadi penyemangat belajar
4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
BAGJA
B; Buat Pertanyaan :
1. Bagaimana menumbuhkan semangat belajar pada murid
Tindakan : Guru berkoordinasi dengan kepala Sekolah dan mendiskusikan prakarsa perubahan yang akan dilakukan dengan rekan sejawat
2. Bagaimana Cara mewujudkan Kelas yang nyaman dan menyenangkan
Tindakan :
1. Guru meminta pendapat Murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang meningkatkan semangat belajar
A: Ambil Pelajaran
Pertanyaan :
1. Kegiatan apa yang dilakukan untuk mengidentifikasi harapan murid agar semangat belajar?
Tindakan : Guru Meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangat belajar.
2. Bagaimana Strategi untuk menggali inspirasi kelas Impian
Tindakan :
1. Guru meminta Pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangat belajar
2. Guru meminta Murid untuk menceritakan hal-hal yang disukai dari kelasnya.
3. Guru mengajak murid untuk mengunjungi Kelas 2 dan Kelas 6 untuk mereka sukai dengan kelasnya sehingga dapat dijadikan Inspirasi mengenai suasana kelas yang membuat semangat
4. Guru mengajak murid untuk mendiskusikan tentang hal apa yang mereka sukai dari kelas sendiri dan kelas 2 dan 6.
G: Gali Mimpi
Pertanyaan :
1. Apakah dengan kegiatan menghias dan mengatur suasana kelas menjadi nyaman dan menyenangkan dapat meningkatkan semangat belajar murid?
2. Apa yang dilakukan Guru untuk menggali keinginan murid dalam menumbuhkan semangat belajar
Tindakan :
1. Guru mengajak murid Untuk membayangkan, kelas seperti apa yang nyaman dan menyenangkan serta menjadi penyemangat dalam belajar
2. Guru meminta murid Untuk mendiskusikan dan menuangkan dalam bentuk gambar, kelas seperti apa yang menjadi impian mereka
3. Guru Meminta murid untuk mempresentasikan kelas impian Mereka.
J : Jabarkan Rencana
Pertanyaan
1. Apa yang harus dilakukan untuk membuat kelas yang nyaman dan menyenangkan.?
2. Apa yang harus dilakukan murid dan guru untuk mewujudkannya.
Tidakan :
1. Guru Mengajak Murid untuk menyebutkan apa saja yang akan dibutuhkan untuk mewujudkan kelas impian.
2. Guru membantu murid menulis kebutuhannya di papan Tulis.
A: Atur Eksekusi
Pertanyaan
1. Siapa saja yan terlibat dalam program atau kegiatan ini?
2. Kapan akan melaksanakan kegiatannya?
3. Bagaimana pelaksanaan kegiatan agar berjalan sesuai rencana?
Tidakan :
1. Guru mengajak murid menentukan pembagian tugas Kelompok.
2. Guru mengajak murid untuk menentukan waktu kapan akan mulai mewujudkan rencana.
3. Murid dengan Bimbingan Guru melaksanakan kegiata yang sudah direncanakan untuk mewujudkan kelas Impian.
5. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
Jawab:
Seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran dalam Vidio tersebut, menunjukkan perannya antar lain sebagai berikut:
1. Mampu mengembangkan komunitas belajarnya di Kelas melalui pendekatan berbasis Aset, dimana guru menggali dan memetakan modal atau kekuatan yang ada demi mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
2. Guru Melibatkan Teman Sejawat dalam merumuskan prakarsa perubahan dan murid sebagai pelaksana, dalam hal ini guru berperan sebagai manajer dalam kegiatan kolaborasi.
3. Guru Fokus pada aset sekolah yan ada untuk mewujudkan Prakarsa Perubahan
6. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?
Jawab:
1. Modal Manusia
. Adnya pemangku kepentingan yang siap mendukung
. Memanfaatkan kecerdasan rekan sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan.
. Memanfaatkan kreatifitas dan kecerdasan murid untuk merancang kelas yang nyaman dan menyenangkan
. Mamanfaatkan keragaman karakteristik murid yang siap dikembangkan
2. Modal Sosial
. Menjalin Kerja sama dengan Rekan Sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan
. Bekerja sama dengan wali kelas 2 dan 6 untuk melakukan observasi di kelasnya.
3. Modal Fisik
. Memanfaatkan Ruang Kelas sebagai media
. Mewujudkan kelas impian untuk sarana penyemangat belajar
. Memanfaatkan sudut kelas impian dan prasarana yang belum digunakan secara maksimal.
. Memiliki Kelas yang luas sehingga murid Leluasa untuk berkreasi
4. Modal Lingkungan Alam
. Memanfaatkan bahan-bahan yang ramah lingkungan untuk menghias kelas
5. Modal Agama / Budaya
. Memanfaatkan sikap santun dan gotong royong siswa yang sudah membudaya untuk bekerja sama mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
6. Modal Politik
. Memiliki Kepala sekolah yang siap mendukung setiap perubahan Positif melalui kebijakan-kebijakan yang yang mengakomodir kepentingan warga sekolah dan peningkatan kualitas pembelajaran yang berpihak pada murid.
7. Modal Finansial
. Memiliki dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan murid.
Sumber : https://lms26-gp.simpkb.id/course/view.php?id=13§ionid=33807#sectionid-33808
Sebagian Vidio dapat di Tonton pada Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkJ1dL5j8WvwJGevdDjRZZA
Butuh Driver Printer Yuk Download Disini https://aceh-driver.blogspot.com/
0 Response to "3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"
Post a Comment