-->

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program Berdampak Positif Pada Murid

 

Foto Student Agency   

 

Modul 3.3 Pengelolaan Program Berdampak Positif Pada Murid

Refleksi Dwi MingguanKali ini saya akan Mencoba Menggunakan Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)  Model 4F ini merupakan Model Refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Model 4F ini dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan)

Facts (Peristiwa)

Pada Modul 3.3 ini saya banyak belajar tentang Modul 3.3 Pengelolaan Program Berdampak Positif Pada Murid. dalam Modul ini saya juga mempelajari kepemimpinan Murid (Student Agency) dimana Murid mampu berperan sebagai pemimpin dalam pembelajarannya sendiri, murid di berikan kesempatan untuk mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajarannya sendiri sehingga potensi kepemimpinannya dapat berkembang dengan baik sesuai dengan yang kita hrapkan.

Saat murid menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran mereka sendiri, maka sebenarnya mereka tersebut memiliki suara (Voice), Pilihan ( Choice) dan Kepemilikan ( Ownership).

Selain daripada itu dalam modul ini terdapat materi tentang 7 Karakteristik Lingkungan yang mendukung dengan pengelolaan program yang berdampak pada Murid meliputi yaitu:

1. Lingkungan yang menyediakan kesempatan murid untuk menggunakan pola pikir positif dan

   merasakan yag positif.

2.Lingkungan yang mengembangkan ketrampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan

   bijaksana. dimana murid akan menjunjung tinggi nilai-nilai kebajikan yang di bangun oleh

   sekolah.

3.Lingkungan yang melatih ketrampilan  yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian

   tujuan akademik maupun non akademik.

4.Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta

   masyrakat dan lingkungan disekitarnya.

5.Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindak lanjuti

   tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan

   kepentingan individu, kelompok maupun golongan.

6.Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses

   belajarnya sendiri.

7.Lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit

   ditengah kesempatan.

 

Feelings (Perasaan)

Saya sangat senang dan merasakan betapa Modul ini bisa Mebuka cakrawala ilmu saya, karna dapat menambah Ilmu pengetahuan, wawasan, serta cara pandang saya sebagai seorang pendidik bahwasanya murid hendaknya diberikan kesempatan untuk mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajarannya sendiri sehingga potensi kepemimpinan murid tersebut berkembang baik.

Findings (Pembelajaran)

Dalam Modul ini 3.3 ini banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan diantaranya tentang pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Kepemimpinan Murid (Student Agency) merupakan suatu kondisi dimana murid mampu menjadi pemimpin dalam pembelajaran sendiri. pada saat murid mampu menjadi pemimpin dalam pembelajarannya sendiri maka mereka sebenarnya memiliki Suara (Voice) dan Kepemilikan (ownership). Terdapat 7 karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. oleh karena itu sekolah diharapkan mampu menyediakan lingkungan yang sesuai untuk menumbuhkan kepemimpinan murid tersebut.

Future (Penerapan)

Setelah Mempelajari Modul 3.3 ini, saya akan semaksimal mungkin untuk merealisasikan di sekolah saya khususnya dikelas saya untuk perubahan awal. selain menerapkannya saya juga akan berbagi praktik baik tersebut terhadap rekan sejawat saya di sekolah, apa yang telah saya pelajari pada Modul 3.3 Pengelolaan Program Berdampak Positif Pada Murid.

Sebagian Vidio dapat di Tonton pada Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkJ1dL5j8WvwJGevdDjRZZA

Butuh Driver Printer Yuk Download Disini https://aceh-driver.blogspot.com/

Suber Berita Admin / Penulis :  Juniman S.Pd CGP A7 Kabupaten Bireuen

 

0 Response to "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program Berdampak Positif Pada Murid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel