-->

Tes Akhir Paket Modul 3 Guru Penggerak


 

Ilustrasi Tes Akhir Paket Modul 3 Guru Penggerak

3.3.d.1. Tes Akhir Paket Modul 3

1. Pagi ini, SMA Merdeka Belajar melaksanakan pembagian laporan hasil belajar siswa. Setelah sambutan dan pengarahan, orang tua dipersilahkan untuk mengambil laporan hasil belajar anaknya di kelas masing-masing. Ditengah kegiatan tersebut, kepala sekolah Jakiman didatangi salah satu orang tua. Orang tua tersebut marah-marah sambil memukul meja dan memaki kepala sekolah. Beliau menuding sekolah telah menghancurkan masa depan anaknya. Orang tua merasa anaknya tidak akan bisa masuk sekolah kedinasan dengan nilai yang kurang memuaskan pada mata pelajaran Matematika. Orang tua mengancam akan memindahkan anaknya ke sekolah lain jika sekolah tidak mau memperbaiki nilai anaknya. Sebaliknya, jika sekolah mau memperbaiki nilai anaknya maka orang tua tersebut bersedia melunasi pembayaran tagihan rekening listrik sekolah yang menunggak berbulan bulan. Pada saat yang bersamaan kepala sekolah Jakiman mendapat laporan bahwa PLN akan memutus aliran listrik sekolah jika tidak melunasi tunggakan.

Kasus kepala sekolah Jakiman di atas merupakan contoh kasus ….

a. Dilema etika

b. Rasa belas kasihan

c. Prinsip moral

d. Bujukan moral

e. Bujukan etika

            jawab:  d Bujukan Moral

2. Alasan yang tepat kenapa Guru Penggerak diarahkan untuk menggunakan Pendekatan Berbasis Aset daripada Pendekatan Berbasis Kekurangan adalah karena ….

a. Pendekatan berbasis Kekurangan akan mendorong Guru Penggerak menjadi individu yang mudah curiga.

b. Pendekatan berbasis Aset akan mendorong kita menjadi individu yang tidak mudah curiga.

c. Pendekatan berbasis Aset akan melatih Guru Penggerak untuk peka terhadap isu-isu yang ada

d. Pendekatan berbasis Aset akan mendorong Guru Penggerak untuk memecahkan permasalahan yang ada

e. Pendekatan berbasis Aset akan mendorong Guru Penggerak bergerak berdasarkan kekuatan yang dimiliki.

            Jawab: e. Pendekatan berbasis Aset akan mendorong Guru Penggerak bergerak berdasarkan             kekuatan yang dimiliki.

3. Seusai upacara hari Senin di SMK Makmur Sejahtera didatangi dua orang petugas dari kepolisian untuk mengadakan sweeping narkoba bersama dengan guru-guru. Ternyata ditemukan salah seorang siswi, bernama Yesiko, kedapatan menyimpan sabu-sabu di dalam tasnya.  Aparat kepolisian meminta kepada kepala sekolah Makmun untuk membawa siswi Yesiko untuk diproses di kantor polisi. Dalam situasi tersebut siswi berontak dan berusaha meyakinkan atas tuduhan tersebut sehingga muncul kebimbangan dalam diri kepala sekolah Makmun terhadap kepemilikan barang terlarang tersebut. Apalagi, selama ini kepribadian siswi Yesiko berkelakuan baik dan berprestasi di kelasnya.

Kepala sekolah Makmun memutuskan untuk menyeleseikan kasus ini secara bersama dengan kepolisian, BNN dan sekolah melalui program Say No To Drugs di sekolahnya. Beliau berusaha meyakinkan semua pihak bahwa dengan program yang beliau akan lakukan itu tidak akan ada ada lagi korban penggunaan barang terlarang seperti siswi Yesiko di sekolah itu.

Berdasarkan kasus di atas, unsur yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan oleh kepala sekolah Makmun, kecuali ….

a. memahami situasi yang dihadapi siswa

b. berdasarkan nilai-nilai kebajikan

c. bertanggung jawab,

d. berpihak pada murid,

e. bekerja sama dengan pihak terkait

            jawab:  a. memahami situasi yang dihadapi siswa

4. Ibu Tiara seorang guru IPA yang sudah menjalan kan tugasnya sebagi guru cukup lama . Pada awal tahun ajaran dalam proses pembelajaran bu tiara memulai pembelajaran dengan mengajak murid untuk membuat kesepakatan kelas. Murid diminta untuk menyampaikan pendapatnya. Saat membuat kesepakatan kelas terlihat beberapa murid diam dan tidak menyampaikan pendapatnya. Bu tiara berusaha untuk membangun kepercayaan diri dari muri bahwa satu pendapat yang disampaikan sangatlah berharga. Beberapa murid yang diam itu pun menyampaikan pendapatnya walau terlihat ragu-ragu.

Kasus Bu Tiara diatas termasuk Student Sgency melalui….

a. Role

b. Community

c. ownership

d. choice

e. Voice

            jawab : e Voice

5. Akhirnya Ibu Dian memutuskan untuk membantu Reyhan agar nilai Matematikanya bisa memenuhi standar KKM agar dapat lulus kelas 12.

Berdasarkan kasus di atas, pernyataan di bawah ini yang menggambarkan prinsip berpikir Ibu Dian dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah ….

a. prinsip bagaimana kalau saya di posisi dia, saya pun juga ingin diperlakukan sedemikian rupa

b. prinsip bahwa semua orang perlu diperlukan sama, sehingga kita perlu berlaku adil

c. prinsip bahwa semua orang tidak terkecuali harus menjalani kewajibannya

d. prinsip bahwa kebahagiaan orang terbanyak yang paling penting

e. prinsip bahwa kita seharusnya berpegang teguh pada aturan yang berlaku

        Jawab: a. prinsip bagaimana kalau saya di posisi dia, saya pun juga ingin diperlakukan                     sedemikian rupa

6. P Budi diberi kepercayaan oleh Kepala Sekolah sebagai pembina OSIS di sekolahnya. Setelah terbentuk pengurus OSIS yang baru, P Budi mengajak pengurus OSIS untuk menyusun program kegiatan yang dapat memfasiitasi pengembangan minat dan bakat siswa-siswa di sekolah. Pak Budi mengarahkan kepada pengurus OSIS untuk bisa mencari bentuk-bentuk kegiatan yang bisa dilakukan dalam setahun sebagai wujud unjuk perpormance siswa yang telah mengembangkan minat dan bakatnya dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah .

Upaya yang dilakukan yang dilakukan P Budi sebagai pembina OSIS merupakan bentuk promosi dari …

a. Ketentuan Murid

b. Suara Murid

c. Kepemilikan Murid

d. Plihan Murid

e. Kesepakatan Murid

        Jawab:  d. Plihan Murid

7. Perhatikan beberapa pernyataan berikut

1. Jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem, sekolah adalah adalah faktor biotik dan lingkungan adalah faktor abioti

2. Jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem, sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik dan abioti

3. Murid, Kepala Sekolah, dan kepala sekolah merupakan unsur abiotik sekolah

4. Keuangan, sarana prasarana, dan lingkungan alam merupakan unsur abiotik sekola

Dari beberapa pernyataan di atas, pernyataan yang tepat adalah ….

a. 1 dan 3

b. 1 dan 4

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

e. 1 dan 2

        jawab d. 2 dan 4

8. Nigel adalah seorang murid kelas XII yang sangat berbakat dalam bidang seni. Dia juga sopan dan dikenal sebagai anak yang baik. Karya-karya seni yang dibuatnya sangat mengesankan. Namun di sisi lain, Nigel kurang memahami dan menguasai Matematika. Nilai Matematikanya selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebelum mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) SMA dan pengumuman kelulusan SMA, Nigel sudah diterima di universitas pilihannya di jurusan Seni Rupa tanpa tes dan dengan beasiswa. Di saat UAS pada mata ujian Matematika, Pak Didi memergoki Nigel menyontek. Rayhan pun sudah mengakuinya ketika ditanya. Setelah ujian selesai, Pak Didi menghadap kepala sekolah, Ibu Dian. Ibu Dian memahami bahwa jika sekolah menindaklanjuti kasus ini, Nigel bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di universitas impiannya. Dan bila sekolah menyimpan kejadian ini rapat-rapat, mungkin guru, siswa, orang tua, pemangku kepentingan akan mempertanyakan dan itu artinya reputasi sekolah dipertaruhkan.

Berdasarkan kasus Ibu Dian di atas, paradigma dilema etika yang terjadi pada Ibu Dian adalah….

a. paradigma kebenaran lawan kesetiaan

b. paradigma benar lawan salah

c. paradigma jangka pendek lawan jangka panjang

d. paradigma individu lawan masyarakat

e. paradigma keadilan lawan rasa kasihan

   Jawab: b. paradigma benar lawan salah

9. Untuk memastikan keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang tepat, maka kita perlu melakukan langkah-langkah pengujian keputusan. Berikut adalah langkah-langkah pengujian keputusan, kecuali ….

a. menerapkan paradigma benar atau salah

b. mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi tersebut

c. melihat lagi keputusan dan refleksikan

d. melakukan prinsip berdasarkan hasil akhir

e. mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut

        jawab: d. melakukan prinsip berdasarkan hasil akhir

10. Seorang kepala sekolah akan mengadakan karyawisata pada akhir semester. Namun, situasi pandemi COVID, tidak memungkinkan guru dan murid melakukan perjalanan secara bersama-sama. Hal ini dikarenakan akan menimbulkan kerumunan yang melanggar protokol kesehatan. Kepala sekolah mencari kegiatan pengganti yang menyenangkan dan bermakna bagi pembelajaran siswa, dengan berdiskusi dengan para guru dan komite terkait apa yang bisa dilakukan di sekitar sekolah atau perjalan virtual yang bisa dilakukan

Gambaran tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut mendeskripsikan karakter komunitas yang sehat dan resilien dalam Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) yaitu ….

a. Membangun koneksi dan kolaborasi, yaitu perilaku yang mendorong perencanaan dan tindakan kolaboratif, jaringan dan hubungan yang kuat antara penduduk, organisasi, bisnis, dan komunitas.

b. Bertindak dengan obsesi ide dan peluang, yaitu perilaku yang mendorong pencarian tanpa akhir untuk ide-ide baru dan tepat, kemungkinan pengembangan dan sumber daya internal dan eksternal.

c. Mengenal dirinya sendiri dan membangun aset yang ada, yaitu perilaku yang menemukan, memetakan, menghubungkan, dan memanfaatkan sumber daya seluruh komunitas yang ada.

d. Mempraktikkan dialog berkelanjutan dan partisipasi anggota masyarakat, yaitu perilaku yang menghargai keragaman dan mendorong dialog penduduk yang aktif, partisipasi dan kepemilikan masyarakat atas masa depan.

e. Menumbuhkan komitmen terhadap tempat, yaitu perilaku akan memperkuat koneksi warga baik komunitas, lingkungan, dan ekonomi lokal mereka.

        jawab: d. Mempraktikkan dialog berkelanjutan dan partisipasi anggota masyarakat, yaitu                 perilaku yang menghargai keragaman dan mendorong dialog penduduk yang aktif, partisipasi         dan kepemilikan masyarakat atas masa depan.

11. Ibu Dewi, menyampaikan informasi terkait dengan bagaimana membuat sebuah puisi, dimana sebelumnya b dewi sudah menjelaskan tentang komponen dan jenis-jenis puisi. Berdasarkan informasi yang sudah diketahui dan dipahami siswanya, selanjutnya ibu Dewi menugaskan peserta didiknya untuk menggunakan informasi tersebut sebagai dasar untuk membuat sebuah karya puisi. Setelah selesai, mereka akan diminta membacakan puisinya. Selanjutnya, siswa-siswa yang lainnya diberikan kesempatan untuk menyampaikan komentar atas pusi hasil karya teman-temannya secata bergiliran. Di akhir pembelajaran B Dewi meminta muridnya untuk membuat kesimpulan dari materi yang sudah disampaikan dalam proses pembelajaran dan meminta perwakilan siswa untuk menilai proses pembelajaran secara umum.

Aktivitas pembelajaran yang dilakukan B Dewi sudah melibatkan komunitas kelas dengan strategi ....

a. Melibatkan murid dalam proses perencanaan pembelajaran

b. Memberikan murid kesempatan untuk memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran

c. Mendorong murid untuk bertanya

d. Memfasilitasi kerja kelompok dan kolaborasi antar murid di kelas

e. Melibatkan murid dalam proses penilaian

        Jawab : b. Memberikan murid kesempatan untuk memberikan umpan balik dalam proses                     pembelajaran

12. Seorang guru memiliki kemampuan mengajar yang hebat, bersikap ramah, dan berjiwa penyayang pada siswa layaknya anak sendiri. Beliau memiliki segudang prestasi dan sering menjadi juara lomba inovasi tingkat kabupaten maupun provinsi. Sehingga, kepala sekolah merekomendasikan guru tersebut untuk mengikuti seleksi menjadi pengawas sekolah. Namun, ternyata guru tersebut justru merasa sedih atas rekomendasi kepala sekolahnya untuk mengikuti seleksi calon kepala sekolah

Berdasarkan pernyataan di bawah ini:

1. Saya setuju dengan apa yang dirasakan oleh guru tersebut, karena jika menjadi pengawas sekolah, maka guru tersebut tidak akan bisa mengajar dan mencurahkan ilmu dan kasih sayang nya pada siswa

2. Saya setuju dengan sikap kepala sekolah, karena seorang guru yang syaratnya terpenuhi menjadi pengawas sekolah, sudah selayaknya direkomendasikan oleh kepala sekolahnya untuk menjadi pengawas sekolah ketika ada lowongan menjadi pengawas sekolah

3. Saya tidak setuju dengan apa yang dirasakan oleh guru tersebut, karena seharusnya guru tersebut bangga dan berterima kasih sudah diberikan kesempatan oleh kepala sekolah untuk mengikuti seleksi menjadi pengawas sekolah

4. Saya tidak setuju dengan tindakan kepala sekolah, karena keinginan menjadi pengawas sekolah seharusnya timbul dari guru yang bersangkutan, bukan dari kepala sekolah

Jika dikaitkan dengan tindakan yang mencerminkan Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development), maka pernyataan di atas yang tepat yaitu ….

a. 2 dan 4

b. 2 dan 3

c. 1 dan 4

d. 1 dan 3

e. 1 dan 2

         jawab: b. 2 dan 3

13. Pak Bahri, seorang kepala sekolah merasa galau karena sudah selama 1 tahun ajaran, semua kegiatan ekstra kurikuler di sekolahnya harus dihentikan. Ia merasa murid-muridnya masih perlu melakukan berbagai kegiatan yang dapat mengasah minat dan bakat murid, meskipun di masa pandemi. Namun ia bingung, dengan segala keterbatasan di masa pandemi ini, kira-kira kegiatan apa yang menarik minat murid dan masih memungkinkan untuk dapat dilakukan secara daring.

Berdasarkan kasus di atas strategi yang tepat untuk mengembangkan stundent agency adalah …

a. Mengajak orang tua untuk ikut terlibat dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler

b. Berdiskusi dengan OSIS dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang tepat

c. Meminta pendapat dari wakil kurikulum

d. Berdiskusi dengan para guru untuk menntukan kegiatan ekstrakurikuler yang tepat

e. Menanyakan siswa kegiatan apa yang mereka sukai

         jawab: b. Berdiskusi dengan OSIS dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang tepat

14. SMP Negeri 8 Kota Lama sangat diminati masyarakat. Fasilitas yang dimiliki lengkap. Kepala sekolah dengan mudah bisa memantau aktifitas siswa dan guru di kelas dari ruang kepala sekolah melalui CCTV. Namun di toilet tidak dipasang CCTV. Pada suatu razia, seorang siswa kedapatan sedang merokok di toilet. Guru Agus langsung menghukum siswa dengan menyuruh mengisap rokok 12 batang sekaligus. Melihat peristiwa itu, Guru Konseling Budi melapor kepala sekolah, bahwa kejadian ini berpotensi mengundang protes orang tua. Sementara Guru Agus menyakinkan kepala sekolah bahwa dia menghukum siswa dengan cara seperti itu untuk memberi efek jera. Dan selama ini cara seperti itu efektif. Sebaliknya Guru Agus mengatakan bahwa guru-guru lain selama ini hanya membiarkan saja siswa merokok. Keesokan harinya kepala sekolah kedatangan orang tua yang hendak mencari Guru Agus yang menghukum anaknya. Orang tua menuntut Guru Agus diganti dan tidak diberikan jam mengajar. Orang tua beranggapan Guru Agus membuat anaknya sakit dan tidak mau masuk sekolah lagi. Di akhir pembicaraan, kepala sekolah memutuskan untuk menghentikan praktek mendidik dengan cara menghukum namun tidak memberhentikan Guru Agus. Guru Agus selama ini dikenal sebagai guru yang pintar, disukai siswa, disiplin dan tegas serta menguasai Matematika dengan sangat baik. Beliau juga beberapa kali menjadi Instruktur Matematika di beberapa pelatihan guru tingkat nasional.

Berdasarkan kasus di atas, prinsip pengambilan keputusan yang diterapkan adalah ….

a. prinsip bagaimana kalau saya di posisi dia, saya pun juga ingin diperlakukan sedemikian rupa

b. prinsip bahwa semua orang tidak terkecuali harus menjalani kewajibannya

c. prinsip bahwa semua orang perlu diperlukan sama, sehingga kita perlu berlaku adil

d. prinsip bahwa kita seharusnya berpegang teguh pada aturan yang berlaku

e. prinsip bahwa kebahagiaan orang terbanyak yang paling penting

        Jawab: b. prinsip bahwa semua orang tidak terkecuali harus menjalani kewajibannya

15. Maria seorang siswa yang duduk di bangku kelas 2 SD, ia luar biasa pemalu, kalau ada acara apapun di sekolah selalu duduknya harus dengan ayahnya. jika ada tugas menyanyi di depan kelas, lagu yang dibawakan belum selesai ia sudah lari ke belakang, atau bahkan kadang sama sekali tidak mau menyanyi. Orang tuanya berharap ia ramah kepada siapapun, terutama kepada guru-gurunya atau kepada teman-temannya, untuk selalu menyapa, tapi ia selalu menundukkan kepalanya, karena grogi dan malu. Kondisi Maria yang pemalu menjadi tantangan B Dewi sebagai guru kelasnya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mampu menumbuh kembangkan kepemimpinan murid, serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi mandiri.

Tantangan yang dihadapi B Dewi berkaitan dengan lingkungan kelas yang berhubungan dengan....

a. Menentukan tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui kepentingan individu

b. Menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri

c. Keterampilan berinteraksi sosial secara arif, positif dan bijaksana

d. Menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan

e. Menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif.

Jawab: b. Menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri

16. SMA Bakti Pertiwi berlokasi di daerah perkotaan yang cukup heterogen penduduknya. Latar belakang siswa-siswinya berasal dari keluarga yang tingkat ekonominya menengah keatas. Hal tersebut terlihat dari perilaku dan gaya hidup serta performance siswa-siswinya. Dalam keseharian disekolah terlihat siswa-siswanya lebih asik menyibukkan diri dengan telepon selulernya, hal yang samapun terlihat dari perilaku guru baik dikelas maupun di luar kelas, semuanya sibuk dengan tujuan dan kesenangannya masing-masing. Melihat hal tersebut, Pak Iwan sebagai Kepala Sekolah ingin melakukan sebuah perubahan disekolahnya dengan menciptakan lingkungan sekolah sebagai komunitas yang mampu mendorong kepemimpinan murid di sekolahnya. Bersama beberapa guru yang merangkap sebagai wakil kepala sekolah berdiskusi bersama untuk merancang program sekolah yang mengutamakan pembentukan perilaku siswa yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Pertanyaan yang tepat untuk mengawali diskusi dalam permasalahan di atas adalah ….

a. Adakah kebijakan sekolah yang perlu ditinjau ulang terkait dengan pembelajaran berbasis teknologi yang harus diterapkan dikelas

b. Bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas sekaligus mewujudkan siswa yang berkarakter dengan memanfaatkan teknologi

c. Program apa yang menarik siswa untuk menumbuhkan pembelajaran yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi

d. Program apa yang perlu dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi

e. Aktivitas pembelajaran dikelas yang bagaimana yang paling disukai murid dikelas dimasa Pandemi ini

    Jawab: d. Program apa yang perlu dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran             berbasis teknologi

17. Salah satu visi suatu sekolah yaitu menciptakan lulusan yang memiliki profil pelajar pancasila yang berkebhinekaan global.

Aset yang dimiliki sekolah:

1. Prestasi akademik siswa

2. Sarana dan prasarana sudah sesuai dengan standar

3. Sumber pembiayaan sekolah berasal dari BOS, RUTIN, dan BOS AFIRMASI

4. Keanekaragaman suku, ras, dan agama para siswa

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai visi sekolah tersebut berdasarkan aset yang dimiliki sekolah yang mencerminkan pendekatan asset based thinking, adalah ….

a. Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara rutin

b. Gotong royong kebersihan setiap hari jumat untuk pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah

c. Rapat dengan komite sekolah dan stakeholder terkait pembiayaan sekolah

d. IHT untuk guru terkait topik pembelajaran berdiferensiasi

e. Perayaan hari besar di sekolah

    Jawab: e. Perayaan hari besar di sekolah

 

18. Ibu Lidya, seorang guru PAUD sekolahnya menerapkan sistem Belajar dari Rumah, yang mengkombinasikan pembelajaran sinkron dan asinkron. Bu Lidya membuat rancangan aktivitas pembelajaran yang tertuang dalam bentuk ‘Choice Board’ atau “Papan Pilihan” dengan berdiskusi bersama rekan sejawat di sekolah. Untuk menjalankan aktivitas tersebut muris butuh pendampingan orang tua. Bu Lidya setiap minggu mengunjungi orang tua untuk memberi penjelasan tentang aktivitas yang di gunakan dalam pembelajaran

Strategi yang digunakan untuk mengembangkan kepemimpinan murid berdasarkan kasus di atas adalah….

a. Keteribatan komunitas kelas

b. Keterilbatan komunitas keluarga

c. Keterlibatan komunitas sekolah

d. Keterlibatas komunitas yang lebih luas

e. Keterlibatan sekitar sekolah

    Jawab: b. Keterilbatan komunitas keluarga

19. Sekolah yang Anda pimpin mempunyai area yang tidak luas, ada di tengah perkampungan padat yang kurang agamis, warga sekolah mayoritas memiliki pengetahuan dan keterampilan industri boneka karena lingkungan sekolah merupakan sentra industri boneka rumahan.

Dari keterangan aset yang dipunyai sekolah, sebagai kepala sekolah rencana apa yang akan Saudara lakukan?

a. Mengajukan proposal ke dinas pendidikan untuk meninjau kembali kelayakan area sekolah

b. Mengadakan pengajian rutin yang melibatkan masyarakat setempat agar lebih agamis

c. Memperkenalkan peluang usaha lain selain boneka kepada masyarakat sekitar agar lebih variatif

d. Mengadakan kerjasama industri dengan warga masyarakat yang mempunyai usaha industri boneka

e. Mengajukan proposal bantuan kepada warga masyarakat yang mempunyai usaha industri boneka

    Jawab: d. Mengadakan kerjasama industri dengan warga masyarakat yang mempunyai usaha             industri boneka

20. Sekolah yang Anda pimpin mempunyai area yang tidak luas, ada di tengah perkampungan padat yang kurang agamis, warga sekolah mayoritas memiliki pengetahuan dan keterampilan industri boneka karena lingkungan sekolah merupakan sentra industri boneka rumahan. Modal dari sekolah yang anda pimpin tersebut merupakan modal ….

 a. Modal fisik

 b. Modal lingkungan alam

 c. Modal agama/budaya

 d. Modal finansial

e. Modal politik

    Jawab: d. Modal finansial

 

Sebagian Vidio dapat di Tonton pada Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkJ1dL5j8WvwJGevdDjRZZA

Butuh Driver Printer Yuk Download Disini https://aceh-driver.blogspot.com/

Suber Berita Admin / Penulis :  Juniman S.Pd CGP A7 Kabupaten Bireuen

0 Response to "Tes Akhir Paket Modul 3 Guru Penggerak "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel