-->

Coaching Untuk Supervisi Akademik 2.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 2.3

Coaching Untuk Supervisi Akademik

Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?


Jawab: Iya Tentu Pernah di Supervisi kelas yang dilakukan Oleh Kepala Sekolah, dan Perasaan saya agak was-was, atau Grogi karna sedang di awasi.

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Jawab: Biasanya Sebelum Kegiatan Supervisi Kelas atau observasi, Kepala sekolah membagiakan jadwal kegiatan Supervisi atau Observasi, jadi kita Guru punya Ruang dan Waktu yang cukup untuk menyiapkan Bahan atau Kelengkapan Administrasi Kelas.


Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Jawab: Apa yang sudah kami lakukan menrut pandangan  saya, Supervisis Akademik yang kami lakukan Selama ini, Prosesnya sudah Ideal untuk pengembangan diri sebagai seorang pendidik. Hanya Kesadaran diri guru saja yang tinggal di tingkatkan, mau berkembang atau maunya Guru itu begitu saja tanpa peduli Upgrade Ilmunya.


Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jawab: Jika saya menjadi Kepala Sekolah dalam Hal ini. Untuk Mencapai posisi Ideal sampai 10, Bukan Hal Mudah, namun kita perlu juga mengevaluasi sebelum menilai, namun juga tidak tertutup kemungkinan, yang pasti bimbingan dan Dukungan yang terus menerus kita upayakan Untuk situasi 1 yang belum Ideal. Kita cari jalan Keluarnya.


Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?
 

Jawab: Aspek-aspek yang perlu diperha- tikan dalam supervisi kepala sekolah Yaitu: Meliputi kurikulum, program pendidikan dan kebijakan sekolah, proses mengajar guru, kerjasama sekolah dengan instansi lain serta kepemimpinan kepala sekolah.

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :


Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Jawab: Harapan Saya setelah Mempelajari Modul ini, saya ingin Terus Disiplin dan Tertib Administrasi Sekolah, Membantu Teman Sejawat di sekolah Untuk Disiplin dan Tertib Administrasi sekolah, disamping Kita Lengkap Administrasi Sekolah Juga agar Mudah dalam melakukan Akreditasi Sekolah nantinya.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Jawab: Kegiatan Dalam Materi ini, Sudah sangat Lengkap dan bagus, Begitu Juga Manfaatnya sangat terasa, dimana Manfaat Untuk diri sendiri seperti sebuah Refleksi diri. Manfaat Untuk Rekan Sejawat dan Rekan – Rekan Guru lainnya, Mudah-mudahan menjadi Pemantik Kembali dalam Merefleksi di, Tentang Menjadi Coaching.

Penulis: Juniman, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Bireuen.
Tempat Tugas UPTD SD Negeri 11 Peusangan, Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen

0 Response to "Coaching Untuk Supervisi Akademik 2.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 2.3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel