-->

Meningkatkan Minat Baca Melalui Implementasi Program Pascalista Pokca pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 11 Peusangan

 

Studi Kasus

Deskripsi studi kasus

Tahun Ajaran 2023 – 2024, pada pembelajaran awal Semester. Terdapat 3 Orang Siswa masih Belum lancar membaca. Motivasi Ketiga Siswa tersebut dalam membaca sangat rendah. Wawancara ringan bersama siswa menjadi titik awal kasus ini.

Berdasarkan kasus diatas, penulis mencoba mencari solusi, dan referensi untuk meningkatkan Minat Baca Siswa. Karna Penulis menemukan Minat Baca Siswa Kelas 4 yang sangat Rendah. Menurut Jean Piaget usia 7 sampai 11 tahun adalah Tahapan Operasional Konkret Anak mulai menunjukkan kemampuan konservasi. Meskipun anak bisa memecahkan masalah dengan cara logis, mereka belum bisa berpikir secara abstrak atau hipotesis.

Siswa Kelas 4 Pada UPTD SD Negeri 11 Peusangan yang rata – rata lahir pada Tahun 2014 dan sekarang berada pada Usia rata-rata 9 Tahun. Adalah sangat tepat dimana Teori perkembangan kognitif Jean Piaget menunjukkan bahwa kecerdasan berubah seiring dengan pertumbuhan anak. Perkembangan kognitif seorang anak bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun mental.

Analisis situasi

Berdasarkan kasus yang terdapat dalam studi kasus ini, Penulis berdiskusi dengan Wali Kelas Guru Kelas Tiga pada tahun ajaran sebelumnya, Penulis mendapatkan informasi bahwa, dimana ketiga siswa yang kurang lancar membaca tersebut. Memang terlihat sangat kurang Minat dan tidak bersemangat untuk membaca. Berdasarkan data Rapor Siswa Tahun 2022 dan 2023. dimana rendahnya hasil belajar siswa tentang minat siswa dalam Membaca, Menulis dan Bercerita.sehingga perlu diambil langkah untuk memotivasi dan menumbuhkan minat Membaca, Menulis dan Bercerita pada murid rendahnya minat Baca siswa kelas 4 membuat Penulis Merancang Program “Pascalista Pokca (Pagi Sabtu Membaca, Menulis dan Bercerita di Pojok Baca) Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 4 UPTD SD Negeri 11 Peusangan“
Program Pascalista Pokca ini adalah kegiatan kokurikuler yang merupakan kegiatan penunjang yang berfungsi untuk memperdalam pemahaman siswa dalam membaca.

Pascalista Pokca (Pagi sabtu Membaca,Menulis dan Bercerita di Pojok Baca) adalah program Kokurikuler sekolah. Program ini dirancang untuk membangun dan memotivasi siswa dalam Membaca, Menulis dan bercerita disetiap pagi sabtu. Siswa diminta merefleksikan kegiatan kesehariannya mulai dari hari senin hingga hari jum’at.Mereka menulis membaca dan bercerita dipojok baca. Program ini adalah kokurikuler untuk mendukung Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Disamping itu juga siswa dilatih bercerita di depan temannya sendiri dilingkungan kecil nya yaitu di pojok baca.Sehingga siswa mampu mewujudkan suara,pilihan dan kepemilikan murid dalam prosesnya sehingga murid mampu terlibat aktif dalam proses belajarnya dan pada akhirnya bisa terwujud kepemimpinan murid.

 Alternatif solusi

Dalam hal ini Penulis merealisasikan Program yang penulis Kembangkan yaitu Pascalista Pokca ( Pagi Sabtu Membaca, Menulis dan Bercerita di Pojok Baca) Terlihat siswa seperti punya komunitas kecil di pojok baca untuk membangun mental mereka, agar termotivasi dan bersemangat dalam membaca, Menulis dan Bercerita.

Dalam Kegiatan ini Langkah Pertama yang Penulis lakukan adalah Berkoordinasi dengan Kepala Sekolah tentang Program “Pascalista Pokca (Pagi Sabtu Membaca, Menulis dan Bercerita di Pojok Baca) dan Juga mengajak Teman Sejawat di Sekolah untuk memberikan masukan, lalu mengajak siswa untuk turut aktif membuat Pojok baca didalam Kelas, agar siswa merasa memiliki dan bersama-sama menjaga Pojok baca dan Merawat buku didalam Pojok baca. Setelah Pojok baca Siap. Langkah Kedua, kami Pinjam Meja dan Buku yang ada didalam Perpustakaan untuk Menjadi modal awal Pojok baca.

Sabtu Pertama Menjalankan Program Pascalista Pokca (Pagi Sabtu Membaca, Menulis dan Bercerita di Pojok Baca), Terlihat Semangat Siswa Untuk duduk dipojok baca, Bercerita, Menulis dan Membaca. Sebagai Pemantik Penulis Mengajukan Pertanyaan, Siapa hari Ini yang Mau Bercerita Duluan. Setelah salah satu Siswa Mengajukan diri Untuk Bercerita. Siswa yang lain Menulis Ceritanya. Dan Seterusnya siswa yang  mau membaca atau membaca ulang Cerita Temannya tadi. langkah nyata apa yang dilakukan dalam menghadapi tantangan merancang

pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran ini juga penulis rasakan diawal program ini. Namun akhirnya Siswa sangat antusias menunggu Pagi sabtu, seolah mereka ingin menjadi yang pertama membaca menulis dan bercerita setiap paginya.

Sumber daya sarana dan Prasarana, Lingkungan Sekolah dan warga sekolah atau materi atau masukan dari teman sejawat menjadi semangat kuat penulis, yang dapat penulis gunakan untuk menjawab tantangan dalam kasus studi. Sekolah yang mempunyai berbagai Fasilitas seperti Internet, Laptop, Proyektor, Layar Infokus. Dan dukungan materi dari Kepala Sekolah, juga menjadi salah satu faktor keberhasilan Program ini.

Evaluasi

Dalam Tindak Lanjut kegiatan ini. Terlihat perlunya Aksi nyata atau keberlajutan Program yang telah dirancang bisa terus berlanjut setiap tahunnya. Dalam menjalankan Program Pascalista Pokca ini Terlihat Siswa yang tadinya kurang lancar Membaca. Setelah menjalani program ini selama 3 bulan. Sekarang memasuki bulan ke empat Program Pascalista Pokca (Pagi Sabtu Membaca, Menulis dan Bercerita di Pojok Baca) Siswa yang tadinya tidak lancer membaca, kini sudah mampu mengeja kata perkata dalam membaca, dan sudah lancer membaca. Siswa sudah mampu menulis. Dan siswa sudah berani Bercerita di lingkungan Kecil komunitas mereka di pojok baca.

Akhirnya Penerapan Program Pascalista Pokca Menjadi Solusi Pemecahan Masalah atau Menjadi Solusi dalam Pemecahan Studi Kasus dengan Keberhasilan dalam Program ini dan dapat “Meningkatkan Minat Baca Melalui Implementasi Program Pascalista Pokca pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 11 Peusangan”.

Sebagian Vidio dapat di Tonton pada Channel

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkJ1dL5j8WvwJGevdDjRZZA

Butuh Driver Printer Yuk Download Disini https://aceh-driver.blogspot.com/

Suber Berita Admin / Penulis :  Juniman S.Pd


0 Response to "Meningkatkan Minat Baca Melalui Implementasi Program Pascalista Pokca pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 11 Peusangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel