-->

PROSEDUR LAPORAN STUDI KASUS GURU PPG DALAM JABATAN

 


A. Pengantar

Laporan studi kasus merupakan komponen dari uji tertulis. Laporan studi kasus dirancang untuk menilai pengetahuan, kemampuan memecahkan masalah, dan kreativitas mahasiswa PPG

Prajabatan dalam merencanakan dan melakukan pembelajaran di kelas, melalui deskripsi, analisa dan penyelesaian masalah pada kasus-kasus yang ditemukan selama praktik pembelajaran.

B. Cakupan

Cakupan dalam studi kasus terdiri dari pengalaman masa lalu dalam:

1. merancang pembelajaran secara terstruktur, berkesinambungan dengan pendekatan yang relevan dan      memadukan materi ajar, pedagogi dan teknologi untuk menghasilkan solusi baru dengan nilai yang        terukur untuk kepentingan pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik.

2. melakukan evaluasi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik, kurikulum dan                  lingkungan belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 C. Ketentuan Pembuatan Laporan Studi Kasus

Laporan studi kasus yang digunakan dalam Uji Tertulis berupa:

1. laporan yang ditulis berdasarkan kasus pilihan peserta yang ditemukan selama praktik pembelajaran

2. berdasarkan pengalaman sendiri (bukan disalin dari milik orang lain)

3. laporan studi kasus terdiri atas 4 bagian, dengan ketentuan sebagai berikut:

 a. Deskripsi studi kasus (100 - 150 kata)

Pada bagian ini mahasiswa menuliskan kasus yang pernah dialami dalam merancang pembelajaran terstruktur yang berkesinambungan dengan memadukan materi, pedagogik dan teknologi melalui pendekatan yang relevan yang menghasilkan nilai terukur untuk kepentingan pembelajaran sesuai karakteristik siswa. Dalam kasus tersebut, mahasiswa juga mendeskripsikan metode dan hasil evaluasi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik, kurikulum dan lingkungan belajar berdasarkan rancangan yang disusunnya.

Bagian ini disusun berdasarkan pertanyaan berikut:

1) Sebutkan topik kasus yang akan anda uraikan.

2) Mengapa topik tersebut penting.

b. Analisis situasi (200 - 250 kata)

Pada bagian ini mahasiswa melakukan analisis situasi yang terjadi pada saat membuat rancangan dan evaluasi pembelajaran. Selain itu, mahasiswa perlu menjelaskan perannya saat merancang dan melakukan evaluasi pembelajaran, pihak yang terlibat, tantangan serta hambatan dalam kegiatan tersebut.

Bagian ini disusun berdasarkan pertanyaan berikut:

1) Jelaskan situasi yang terjadi pada saat perancangan dan evaluasi pembelajaran

     tersebut (terkait topik yang sudah dipilih).

2) Jelaskan peran Anda dalam merancang dan melakukan evaluasi.

3) Siapa saja yang terlibat dalam perancangan dan evaluasi tersebut.

4) Jelaskan tantangan dan hambatan yang anda hadapi pada saat merancang dan

    melakukan evaluasi pembelajaran terkait dengan masalah pada topik tersebut!

c. Alternatif solusi (250 - 300 kata)

Pada bagian ini mahasiswa memberikan alternatif solusi berupa tindakan yang telah

dilakukan dalam menghadapi kasus atau situasi tersebut.

Bagian ini disusun berdasarkan pertanyaan berikut:

1) langkah nyata apa yang dilakukan dalam menghadapi tantangan merancang

    pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran.

2) sumber daya atau materi apa yang digunakan untuk menjawab tantangan tersebut.

d. Evaluasi (100 - 150 kata)

Pada bagian ini mahasiswa diminta menuliskan hasil dan dampak dari langkah nyata

yang telah dilakukan.

D. Ketentuan Unggah File

Berikut adalah ketentuan dalam mengunggah file :

1. pastikan dokumen dibuat dalam kertas berukuran A4, dengan menggunakan huruf Times New      

    Roman berukuran 12 pt dan spasi 1,15;

2. simpan dokumen dalam bentuk pdf dengan ukuran max 1 megabyte (1 Mb);

3. dokumen pdf disimpan di drive belajar.id masing-masing mahasiswa dengan nama file: Judul

    Kasus_Nama mahasiswa_NIM; dan

4. tautan dokumen disimpan ke laman ujian yang ditetapkan oleh PN UKPPG.

Sebagian Vidio dapat di Tonton pada Channel

Youtube : 
https://www.youtube.com/channel/UCkJ1dL5j8WvwJGevdDjRZZA

Butuh Driver Printer Yuk Download Disini https://aceh-driver.blogspot.com/

Suber Berita Admin / Penulis :  Juniman S.Pd CGP A7 Kabupaten Bireuen

0 Response to "PROSEDUR LAPORAN STUDI KASUS GURU PPG DALAM JABATAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel