-->

Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Modul 3.2.A Calon Guru Penggerak Angkatan 7

 
Menggali Sumberdaya Siswa

1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.

Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

jawab :

Bagian yang ada  di sekolah : Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Pengawas, Siswa dan Bangunan Sekolah, Gedung, Ruang Kelas, Pustaka, Mushalla, Ruang Dan sarana Olah Raga

2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?

Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan ?

jawab :

Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Pengawas, Siswa 

Melatih Sumberdaya Siswa

3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

jawab :

Ibu kepala sekolah kami adalah orang disiplin, memiliki visi ke depan,  dan selalu berusaha memberikan kesejahteraan kepada semua warga sekolah

4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

jawab :

Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang bisa  memenej sekolah dengan baik, bisa menjadi contoh bagi bawahannya, mempunyai rasa empati yang tinggi, mempunyai visi dan misi yang jelas dengan mengedepankan kebersamaan. memiliki jiwa bertanggungjawab dan sifat mengayomi kepada anggotannya adil dan Jujur dalam menentukan Keputusan

Sumberdaya yang Beragam


5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

jawab :

Pada Saat ini saya mempunyai peran sebagai wali kelas  IV, dimana saya mempunyai tanggungjawab untuk mendampingi dan juga mengarahkan siswa-siswi saya selama 1 tahun kedepan, sesuai dengan arahan dari Ibu kepala sekolah, untuk memaksimalkan pelayanan kami, maka disini saya juga mengadakan home visit, untuk mengetahui kondisi keadaan orang tua siswa, baik secara ekonomi maupun secara keseharian siswa kami. dalam kapasitas sebagai wali kelas, Saya juga berperan aktif untuk menyampaikan program-program ungulan Ibu kepala sekolah, dimana selain untuk menyampaikan progres perkembangan sekolah.

6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Diri sendiri
Murid
Sekolah

jawab :

Sebagai guru : Dengan Sumber daya yang saya miliki saya Terus berusaha untuk Meningkatkan Kkompetensi saya sebagai seorang Guru, Dengan Mengikuti Berbagai Program Pengembangan Diri dan Berusaha untuk selalu memberikan pelayanan  yang terbaik buat siswa-siswi saya, juga dapat menularkan ilmu yang saya miliki kepada Teman sejawat saya Untuk saling Berbagi Ilmu dan Informasi.


Murid :  Saya Selalu Berusaha Membuat Murid untuk merasa nyaman, aman dan  bahagia, dalam artian selama mereka menuntut ilmu di sekolah, segala potensi yang dimiliki oleh siswa-siswi kami dapat  kita maksimalkan, dapat kita tumbuh kembangkan sehingga memudahkan mereka dalam Mangampu Pendidikan dan cakap dalam Lingkungan dan siap Sebagai Siswa yang Berprofil Pancasila

Sekolah : Berusaha menjadikan sekolah yang benar-benar dicintai dan diminati oleh warga masyarakat, sesuai dengan visi sekolah kami yaitu : "Berkarakter, Santun, Berwawasan IPTEK dan IPTAQ, Peduli Lingkungan Sekitar Serta Terampil dan Kreatif"

7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

jawab :

Banyak sekali sumber daya yang dimiliki sekolah yang belum maksimal tergali dan tentu  banyak harapan yang ingin kami capai setelah mempelajari modul ini. antara lain :

Sekolah kami berusaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sebagai suatu kekuatan dan aset.
agar kami dapat merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.
kami dapat memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.
dan kami dapat menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar. dan Untuk Mencapai visi sekolah kami yaitu : "Berkarakter, Santun, Berwawasan IPTEK dan IPTAQ, Peduli Lingkungan Sekitar Serta Terampil dan Kreatif"

Sebagian Vidio dapat di Tonton pada Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkJ1dL5j8WvwJGevdDjRZZA

Butuh Driver Printer Yuk Download Disini https://aceh-driver.blogspot.com/

Suber Berita Admin / Penulis :  Juniman S.Pd CGP A7 Kabupaten Bireuen


0 Response to "Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Modul 3.2.A Calon Guru Penggerak Angkatan 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel