-->

EKSPLORASI KONSEP MODUL 3.2.A.4.


Foto Ekosistem Biotik dan Abiotik   
 
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, kali ini kita masuk pada sesi pembelajaran  Eksplorasi Konsep Mandiri. Pada sesi pembelajaran kali ini, Kita akan banyak melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem. Beberapa Pertanyaan Pemantik, Untuk Pemahaman Kita.

 
1. Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka  faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?


jawab :

Faktor yang termasuk dalam Kelompok Biotik adalah : Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Pengawas, Siswa

Sedangkan Faktor Abiotik Itu Sendiri adalah : Bangunan Sekolah, Gedung, Ruang Kelas, Pustaka, Mushalla, Ruang sarana Olah Raga Keuangan dan Lingkungan Sekolah.

2. Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?

jawab :

Dalam Hal ini Peran kepala sekolah sebaiknya sesuai denganPemikiran dan filosofi pendidikan KHD, yaitu dapat diteladani, bisa menggerakkan, dan memberikan dorongan, tuntunan kepada orang yang dipimpinnya.


3.Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?

jawab :

Seorang Kepala Sekolah Harus Memiliki Ilmu Manejemen yang Baik, Baik dalam Mengelola Keuangan Sekolah maupun dalam Memenej Bawahannya. dan juga Seorang Kepala Sekolah Harus mampu Mengambil Keputusan Yang Jujur adil dan bermanfaat bagi semua warga sekolah.

4. Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?

jawab :

Yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien adalah : Memastikan Segala langkah dan Rencana yang akan diambil adalah sudah sesuai dan Tepat Sasaran dalam Mewujudkan Visi dan Tujuan Sekolah.

5. Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini? Jelaskan!

jawab :

Di Sekolah Kami, Fasilitas yang ada disekolah sangat Mendukung Proses Belajar mengajar, Fasilitas Pendukung sangat Memadai, Seperti Siswa kita Ajarkan Menggunakan media, Seperti Internet dengan Menggunakan Proyektor yang Terkoneksi Dengan Layar Infokus. Listrik dan sarana Air yang sangat menadai.

6.Sejauh mana sumber daya sekolah yang kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas pembelajaran di sekolah? Jelaskan!

Jawab :

Menjadi Tolak Ukur Tersendiri saat menngunakan Media yang tersedia di sekolah, saat Menggunakan Buku Paket yang Tersedia di tambah Guru mampu Membuat Media Pendukung Pembelajaran lain Seperti alat Peraga ataupun Membuat Power Point dalam Proses Belajar Mengajar. Boleh dikatakan semua kekuatan maksimal sudah kami Kerahkan. sejauh Itulah apa yang telah kami Tempuh.

7. Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid?

jawab :

Tentu ada, seperti Terus Melatih dan Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik agar terus meningkatkan kapasitasnya dan terus melatih siswa baik dengan jam Tambahan Extrakurikuler bila dibutuhkan.

8. Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?

Jawab:

Sampai dengan saat ini, kami Pihak Sekolah Terus menggali ide dan kerja sama dengan lingkungan Sekitar Sekolah, baik Komite sekolah, warga sekitar sekolah. untuk menggali Informasi agar Sekolah Bisa Memanfaat kan Linkungan Sekitar. 

Sebagian Vidio dapat di Tonton pada Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkJ1dL5j8WvwJGevdDjRZZA

Butuh Driver Printer Yuk Download Disini https://aceh-driver.blogspot.com/

Suber Berita Admin / Penulis :  Juniman S.Pd CGP A7 Kabupaten Bireuen

0 Response to "EKSPLORASI KONSEP MODUL 3.2.A.4. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel